Tips Merapikan Lemari Pakaian dengan Cepat & Rapi

Tips Merapikan Lemari Pakaian dengan Cepat & Rapi

Lemari pakaian merupakan hal penting bagi kita karena lemari pakaian adalah tempat menyimpan semua bajua dan celana kita. Namun lemari pakaian sangat mudah terlihat berantakan karena aktivitas mengeluarkan dan memasukkan pakaian yang selalu terjadi setiap hari. Saat lemari pakaian penuh maka kita akan kesulitan untuk memilih baju. Jadi selalu sempatkan merapikan lemari pakaian setidaknya sebulan sekali agar isi lemari tersusun rapi dan Anda pun mudah memilih dan mengambil baju yang ingin digunakan. Keuntungan merapikan lemari pakaian adalah membantu kita untuk memilah pakaian yang sudah tidak terpakai lagi. Pada umumnya orang membeli satu baju baru namun tetap menyimpan baju-baju lamanya. Dengan begitu lemari menjadi penuh, sebaiknya sumbangkan baju lama Anda yang masih layak kepada yang membutuhkan.

Langkah-langkah inti merapikan lemari pakaian:

  1. Yang pertama keluarkan semua pakaian dari lemari
  2. Memisahkan pakaian yang akan disimpan dari pakaian yang akan disumbangkan ata dibuang
  3. Memilah pakaian berdasar keperluannya atau jenis pakaian
  4. Menentukan pakaian yang perlu digantung dan yang bisa ditumpuk
  5. Menambahkan penyerap kelembapan agar pakaian tidak berjamur.

Tips menata lemari pakaian

Sebenarnya menata lemari baju tidak perlu memakan waktu yang lama asal kita tahu langkah-langkahnya. Lakukan secara sistematis agar menghemat waktu dan hasilnya maksimal. Berikut ini cara merapikan lemari pakaian yang cepat dan praktis:

  1. Keluarkan semua pakaian dari lemari. Mengawali dengan langkah ini merupakan cara menata lemari baju yang dianjurkan sehingga kita bisa sekaligus membersihkan sudut-sudut dalam lemari. Menata lemari jadi tidak praktis dan sulit jika kita hanya mengeluarkan beberapa pakaian. Letakkan semua pakaian di tempat bersih seperti kasur. Setelah lemari kosong, bersihkan bagian dalamnya dengan mesin pengisap debu atau lap lembap lalu dilap kering.
  2. Pisah pakaian yang sudah tidak dipakai. Jika kondisi pakaian masih layak, kumpulkan untuk disumbangkan atau diberikan kepada yang lebih membutuhkan. Kebanyakan orang lebih suka menyimpan pakaian yang sudah kekecilan dengan harapan nanti akan bisa dipakai lagi. Padahal mengenakan pakaian yang kekecilan itu jarang sekali terjadi. Relakan pakaian tersebut dan berikan kepada kerabat atau teman sesuai ukurannya. Jika kondisi pakaian sudah tidak layak dipakai lagi, lebih baik dibuang atau dijadikan lap saja.
  3. Pilah pakaian yang akan disimpan lagi berdasarkan keperluannya seperti baju kerja, baju sekolah, baju pesta, baju formal, baju liburan, baju rumah, dan sebagainya. Anda bisa juga mengelompokkan pakaian menurut jenisnya seperti kaus oblong, kaus berkerah, kemeja, celana panjang, rok, jaket, pakaian dalam, dan lainnya sesuai kesukaan Anda.
  4. Gantung jenis-jenis pakaian ini agar tidak mudah menjadi kusut: jas, celana panjang, gaun panjang, jaket, mantel, dan kemeja formal. Lindungi pakaian yang rentan rusak dengan pembungkus plastik ketika digantung, misalnya gaun berpayet, kebaya, sutra, dan bahan-bahan sensitif lainnya.
  5. Lipat dan susun jenis-jenis pakaian seperti kaus, pakaian rumah, dan celana pendek. Letakkan pakaian yang sering dipakai di bagian lemari yang paling mudah dijangkau. Susun baju yang jarang dipakai di bagian lemari yang lebih sulit dijangkau.
  6. Susun pakaian dalam di laci lemari pakaian jika mungkin. Anda tidak perlu melipat celana dalam, cukup menumpuknya berupa lembaran sehingga lebih menghemat tempat. Tumpuk bra pada bagian kapnya sehingga menghindari kerusakan dan menghemat tempat.
  7. Tempatkan produk penyerap kelembapan di dalam lemari untuk mencegah jamur. Untuk menghindari ngengat kain, gunakan pengusir ngengat yang berbau netral. Kapur barus memang bisa membantu mengusir ngengat, tetapi baunya bukanlah pewangi pakaian dan bertahan terlalu lama di pakaian padahal bukanlah bau yang patut dipamerkan.

Dengan menempatkan pakaian berdasarkan jenisnya, kita tidak perlu menyeterika semuanya setelah dicuci. Cukup setrika pakaian untuk aktivitas formal dan penting saja. Pakaian dalam dan kaus rumahan cukup dilipat dan ditumpuk rapi sehingga menghemat waktu, listrik, dan tenaga. Selamat mencoba di rumah ya teman-teman.

Informasi tambahan nih, bagi teman-teman yang tidak sempat bersih-bersih bisa hubungi kami jasa cleaning service panggilan.

Bagi-bagi ya, temanmu lg butuh nih!

Close Menu
×
×

Cart